'KATA HATI', Biarkan Hati Yang Bicara

5:13 PM
Film Indonesia - Randi (Boy Hamzah) adalah fotografer freelance yang gemar meminum kopi pahit sejak ditinggal sang kekasih pergi dengan pria lain. Pertemuan pria tersebut dengan Fila (Joanna Alexandra), mahasiswi ceria ditengah harapan kosong yang diberikan Adrian selama bertahun-tahun, membuat hidup Randi mulai berwarna.


Berawal dari sama-sama menyukai fotografi dengan pola pandang yang berbeda, kedekatan Randi dan Fila semakin hangat dari waktu ke waktu. Namun saat hati mulai berbicara dalam kedekatan tersebut, Dera (Kimberly Ryder), model cantik yang tak lain adalah mantan Randi, kembali hadir meminta cinta yang dulu.

KATA HATI adalah film yang disutradarai oleh Iqbal Rais. Drama romantis ini diadaptasi dari novel karangan Bernard Batubara berjudul sama.

Jujur saja, ada pertanyaan kenapa novel ini diadaptasi. Source asli cenderung kurang kuat. Jikapun harus divisualisasikan, butuh kerja keras di lini penulis naskah.

Beruntung Iqbal memilih Haqi Achmad yang mampu meramu cerita tipis tersebut menjadi manis dan menarik. Tentu saja dengan membuang beberapa karakter dalam novel serta menciptakan tokoh baru dengan bumbu konflik yang lebih mature dan terjaga.

Hasilnya seperti yang terlihat sekarang, mix and match beberapa elemen dalam novel, membuat KATA HATI menjadi lebih kaya dan menyenangkan untuk disimak. Walau diakui pengenalan karakter pada durasi awal cenderung lamban. Namun dari situ penonton dibuat untuk peduli pada nasib masing-masing tokoh.

Iqbal Rais seperti biasa, mampu mengalirkan kisah cinta yang ada dengan begitu lembut, dengan setting Jogja yang kuat, bukan sekedar tempelan. Ditambah akting para pemain yang pas sesuai takaran dalam membangun chemistry meski logat medok Joanna dan Boy kadang tak konsisten.

Cinta segitiga adalah template usang yang sudah dipakai dalam ribuan film. Namun KATA HATI mampu hadir dengan caranya sendiri. Manisnya pas seperti cokelat kesukaan Dera dan Fila. (sinopsis film kata hati)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »